Selasa, 25 Juni 2013

Tentang Logika Dan Imajinasi Part 1 (Apa itu Logika dan Imajinasi)

Tuhan menciptakan sesuatu dengan berpasang-pasangan. Ada laki dan perempuan, siang dan malam, positif dan negatif, serta contohnya adalah Logika dan Imajinasi yang akan dibahas kali ini.

Kita tentu mengetahui apa itu Logika dan Imajinasi. Tapi belum afdhol rasanya jika kita tidak mengetahui definisinya. Yuk, disimak ya :D

Menurut Wikipedia, Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos) yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.

Dari pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa Logika adalah sebuah hasil dari pemikiran yang telah dipertimbangkan dan dikeluarkan lewat kata, bahasa, dan angka.

Sedangkan Imajinasi Menurut wikipedia adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, dengar, dan rasakan.

Dari pernyataan diatas, dapat disimpulkan pula bahwa Imajinasi adalah sebuah hasil dari permikiran yang lebih bebas dan terbuka dengan menggunakan indera baik itu penglihatan, pendengaran, maupun perasaan.

Dalam prosesnya, Logika diproses menggunakan Otak Kiri. Sedangkan Imajinai diproses menggunakan Otak Kanan. Hasil dari Logika dapat berupa pemikiran-pemikiran/ilmu pengetahuan. Sedangkan hasil dari Imajinasi dapat berupa Karya Seni.

Logika dan Imajinasi, yang mana yang lebih baik?

Setiap sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangan, begitu juga Logika dan Imajinasi. Jika kita berpikir hanya menggunakan Logika saja maka kita tak ubah seperti robot yang hanya mengikuti sistem yang sudah dikontrol, takut mengambil resiko (Mental Block). 

Mental Block adalah suatu sifat yang terlalu memikirkan sesuatu resiko terhadap ide yang diambil sehingga membuat kita takut dalam mengambil resiko itu.
Begitu pula sebaliknya, jika kita berpikir hanya menggunakan Imajinasi maka kita akan menjadi pribadi yang melakukan sesuatu tanpa pikir panjang, sehingga dapat mengakibatkan munculnya sifat anarkis, mudah terjerumus dalam hal negatif, dan sebagainya. Jadi Logika dan Imajinasi itu sama-sama penting.
Menggunakan Narkoba adalah salah satu akibat dari tidak digunakannya logika dalam memilah suatu perbuatan yang baik atau salah.
Sekian dulu tulisan singkat saya mengenai Logika dan Imajinasi. Insya Allah kelanjutannya akan saya posting di postingan saya berikutnya. Tunggu postingan saya selanjutnya ya. . .

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah" (Q.S Adz-Dzaariyaat 51:49)

0 komentar

Posting Komentar