Kamis, 27 Juni 2013

Sejarah Komputer

Mengawali postingan pertama saya tentang hal-hal komputer ada baiknya saya membahas tentang sejarah penciptaan komputer dulu ya. Biar yang belum tau mengenai sejarah komputer bisa tau lewat postingan ini.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Semula Komputer hanya digunakan sebagai alat menghitung saja. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang cepat maka jadilah komputer yang kita pakai sekarang ini yang gunanya buat ngetik, editting, internet, bahkan main games.
 
Charles Babbage, yang juga dikenal sebagai “bapak komputer”, memulai ide sebuah komputer yang dapat diprogram. Mesin Babbage merupakan yang pertama dari komputer mekanikal, walaupun belum selesai, sebagian besar disebabkan oleh masalah keuangan dan pribadi. Ia mengarahkan pembuatan mesin bertenaga uap yang berhasil menuai sukses. Walaupun mesin Babbage sangat mekanis dan berat, arsitektur dasarnya sama dengan komputer modern. Data dan memori program memiliki tempat terpisah, operasi didasarkan atas perintah, dan mesin memiliki unit input/output yang terpisah.

Perang dunia kedua tidak semuanya berpengaruh negatif dan seseram Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki. Selain kemerdekaan di negara-negara Asia-Afrika, Perang dunia kedua mempunyai dampak positif terhadap perkembangan teknologi, salah satunya komputer ini. Alasannya, karena Amerika Serikat lah yang menciptakan komputer pertama-kali demi kepentingan perang.

1. Komputer Generasi Pertama

Eniac
Komputer elektronik yang diciptakan adalah Atanasoff Berry Computer (ABC) yang diciptakan oleh John Vincent Atansaoff dan Clifford Berry pada tahun 1937. Namun input/output masih tidak dapat dipercaya dan penemunya harus meninggalkan universitas Iowa untuk Perang Dunia II pada 1942, meninggalkan proyek tersebut tanpa kemajuan. 

Lalu pada tahun 1943, muncullah Komputer yang bernama ENIAC. ENIAC adalah komputer super besar dengan memiliki 17.468 pipa hampa udara, 7.200 dioda kristal, 1.500 relay, 70.000 resistor, 10.000 kapasitor, dan sekitar 5 juta hubungan solder. Beratnya mencapai 30 ton, dengan ukuran 2.6 m x 0.9 m x 26 m dengan volume 63m kubik dan mengkonsumsi 150kW tenaga yang konon bisa memadamkan listrik satu kota apabila menyalakan komputer ini. Pencipta ENIAC adalah John Mauchly dan John Presper.

2. Komputer Generasi Kedua

Komputer pada Generasi Pertama tentu mempunyai banyak kekurangan. Diantaranya yaitu mesin yang cepat panas serta ukuran yang sangat besar. Karena hal tersebut, maka muncullah komputer-komputer generasi kedua. Komputer generasi kedua muncul dengan menggunakan Transistor sebagai pengganti resistor.

IBM 1401

Sejak ditemukannya Transistor pada tahun 1948, ukuran-ukuran mesin-mesin elektrik pun berkurang drastis. Transistor mulai digunakan pada komputer pada tahun 1956. Mesin pertama yang memanfaatkan transistor adalah Superkomputer dari IBM dan Sprery Rand. IBM membuat superkomputer pertama dengan nama Stretch, dan Sprery Rand dengan nama LARC. Komputer ini digunakan untuk kepentingan laboratorium energi atom.

Lalu pada tahun 1960, muncullah komputer-komputer generasi kedua yang sepenuhnya menggunakan transistor. Salah satu contohnya adalah komputer IBM 1401 yang diterima secara luas dikalangan industri.

3. Komputer Generasi Ketiga

Transistor ternyata masih memiliki kekurangan-kekurangan dan juga masih menghasilkan panas yang cukup besar. 
IBM 5100

Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen
dapat dipadatkan dalam chip. Selain itu, pada komputer generasi ketiga inilah Komputer telah menggunakan Sistem Operasi (Operating System). Contoh dari komputer generasi ketiga adalah IBM 5100 yang cukup fenomenal seiring dengan isu-isu seorang Time Traveller, John Titor yang sempat menggegerkan dunia.




4. Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita temui saat ini. Komputer generasi keempat menggunakan Mikrochip yang lebih kecil dibandingkan komputer generasi ketiga. Pada komputer generasi keempat lah, komputer menggunakan GUI (Graphical User Intergration). GUI adalah semua interface komputer yang menggunakan grafis, jendela (window), icon, dan alat penunjuk (pointing device) menggantikan interface dengan karakter murni (command line).

Perkembangan komputer sekarang ini sangatlah pesat. Komputer yang baru kita beli bisa menjadi jadul hanya dalam 3-4 tahun. Selain itu, sekarang ini para ilmuwan sedang mengembangkan komputer masa depan menggunakan Artificial Inteligence (AI) atau Kecerdasan Buatan. Semestinya, kita harus siap dalam menyambut era-era digital ini. Bukan tidak mungkin teknologi-teknologi komputer yang sangat canggih seperti di film-film Sci-Fi bakal terwujud beberapa tahun kedepan.

0 komentar

Posting Komentar