Kamis, 04 Juli 2013

Pengalaman MOS SMA

Tidak terasa ya udah masuk bulan Juli saja nih. Padahal perasaan baru saja kita melewati bulan Juni eh gak sadar udah bulan baru aja. Waktu memang berjalan cepat.

Ngomong-ngomong bulan Juli nih biasanya bulan ini identik dengan tahun ajaran baru buat yang masih sekolah *mentang-mentang udah lulus* XD
dan yang namanya tahun ajaran baru pasti ada suatu kegiatan yang menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi para siswa senior namun menurut siswa baru itu adalah kegiatan yang menyeramkan. Tebak ayo kegiatan apakah itu? yang pasti itu bukanlah kegiatan Adu Nyali lah, wkwkwk

Kegiatan itu adalah MOS. Apa itu MOS kk? Ah banyak nanya lu *Lempar Batu
Mos itu adalah kepanjangan dari Masa Orientasi Siswa. Kegiatannya sama saja dengan kegiatan OSPEK di masa Kuliah. Persamaannya adalah sama-sama kegiatan dimana junior dalam hal ini adalah siswa baru dikerjai sama senior atau siswa lama dengan kedok pengenalan lingkungan sekolah. Yap, kegiatan ini berlaku Undang-Undang yang menjadi keramat dengan bunyinya sebagai berikut:

1. Senior Selalu Benar

2. Junior Selalu Salah
3. Apabila Senior melakukan kesalahan, maka balik ke ayat 1
4. Apabila Junior melakukan kebenaran, maka balik ke ayat 2 <-- Yang ini bercanda, wkwkwk *Dikeroyok senior

Masa Orientasi Siswa SMAN 6 Banjarmasin
Mengerikan bukan? Inilah Undang-Undang yang mendasari si senior selalu mengerjai si junior, kan Senior selalu benar jadi mau dia ngerjai kek, mau marahin kek, mau jalan tanpa pakek celana kek ya sah-sah aja. Nah giliran si juniornya dikit-dikit ngelakuin kesalahan pasti aja langsung dimarahin kayak preman yang malakin duit orang. Jadi, saran saya buat adik-adik senior kalo ngelakuin kesalahan saat MOS mending teruskan aja mungkin dengan adu argumen atau adu joget sama seniornya *Kaboor

Pengalaman saya semasa MOS sih tidak semuanya buruk, masih ada kok hal-hal beruntung yang saya temui di MOS. Hal yang paling beruntung adalah saya tidak dikerjai secara gila-gilaan saat MOS, padahal MOS hari pertama bertepatan dengan hari Ulang Tahunku. Alasannya karena pada hari pertama telah didapati beberapa siswa baru yang menggunakan kendaraan pada saat MOS (Peraturan MOS di sekolah saya dulu tidak boleh memakai kendaraan), jadinya si senior tersebut memarahi siswa yang melanggar peraturan tersebut dan saya pun terhindar dari aksi jahil senior.

Hal-hal buruk pun tentu ada, diantaranya saya diangkat menjadi ketua kelompok yang juga cukup kena omelan senior apabila ada anggota kelompok saya yang berbuat salah.

Mungkin itu dulu pengalaman yang saya sampaikan. Bagi siswa baru yang telah memasuki masa SMA ataupun SMP saya ucapkan selamat dan jangan takut dengan namanya MOS.

0 komentar

Posting Komentar