Jumat, 16 Agustus 2013

Berbeda tapi Tetap Satu

Postingan kali ini saya tulis sekaligus untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 68. Semoga postingan kali ini dapat berguna buat menambah semangat nasionalisme kita.
 
Bhinneka Tunggal Ika

Tentu kita sudah tau makna di balik kata-kata tersebut. Kata tersebut berarti "Berbeda - Beda Tetapi Tetap Satu". Motto tersebut sangat penting bahkan ada di lambang negara kita sendiri. Motto tersebut menandakan bahwa persatuan di Indonesia memang sangat penting. 

Indonesia adalah negara kepulauan yang masing-masing pulau terdapat berbagai macam suku dengan ribuan budaya masing-masing. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia untuk dapat menyuarakan aksi persatuan. Namun, taukah anda bahwa sebenarnya dibalik perbedaan tersebut masih ada kesamaan-kesamaan yang ada Indonesia. Apakah persamaan tersebut? Nih cekidot :D

1. Persamaan Ras

Taukah anda bahwa sebenarnya Bangsa Indonesia berasal dari sebuah ras yang sama. Indonesia berasal dari ras yang menghuni sebagian besar wilayah Asia, yaitu Mongoloid. Ras ini berciri-ciri badan yang kecil, mata sipit, kulit kuning hingga sawo matang, rambut hitam, dan sebagainya. Kita lihat di Indonesia, ciri-ciri tersebut memang ada pada masyarakat Indonesia. Ini membuktikan bahwa Indonesia memang berasal dari Ras yang sama.

2. Persamaan Rumpun

Selai ras, Indonesia juga mempunya persamaan rumpun. Rumpun adalah ras yang dikelompokkan kembali menjadi lebih kecil. Di sebagian besar di Indonesia, rumpun Indonesia adalah rumpun melayu. Salah satu di antara ciri-ciri rumpun melayu adalah kulitnya yang sawo matang. Jika dibandingkan dengan masyarakat Indonesia, ciri tersebut sangat pas.

3. Persamaan Bahasa

Indonesia memiliki beribu-ribu bahasa daerah. Tapi, tahukah anda bahwa sebenarnya bahasa-bahasa daerah tersebut bersumber dari bahasa yang sama. Yaitu bahasa Melayu. Alasannya kembali lagi pada poin nomor 2 karena suku-suku yang berada di Indonesia berasal dari rumpun yang sama.

Buktinya adalah terkadang antara bahasa jawa dan sunda memiliki kata-kata yang sama. Begitu juga dengan bahasa di daerah lain. Ini membuktikan bahwa bahasa-bahasa daerah di Indonesia berakar dari bahasa yang sama.

Sekian dulu dah postingan singkat kali ini. Saya ucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 68 Tahun. Semoga Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi dan Korupsi di Indonesia dapat segera hilang. Amiin. . .
Maju dan Jayalah Indonesiaku

0 komentar

Posting Komentar