Jumat, 30 Agustus 2013

Menguasai atau Dikuasai Teknologi?

Wew, tumben sekali inspirasi untuk menulis blog kali ini cukup bagus. Dari pada nanti inspirasinya hilang, mending langsung saya tulis aja dah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita sekarang hidup dalam era digital dimana teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini tentu menuntut kita agar dapat menggunakan teknologi. Bukan zamannya lagi anda gaptek (Gagap Teknologi).


Setiap para pengguna teknologi, saya bagi menjadi dua golongan yairu golongan yang menguasai teknologi dan dikuasai teknologi. Secara sekilas sebenarnya kedua golongan itu sama-sama mahir dalam menggunakan teknologi (bukan gaptek lo, pasti anda berpikir yang bagian dikuasai itu bermaksuda gaptek). Cuma ada perbedaan yang mendasari keduanya.

Perbedaannya adalah kalau menguasai teknologi itu berarti mahir dalam menggunakan teknologi serta mengetahui sistem-sistem teknologi tersebut, maka Dikuasai teknologi berarti hanya dapat mengetahui teknologi tanpa mengetahui sistem-sistem teknologi yang dipakainya.

Fenomena tersebut terjadi di Indonesia. Saya akui bahwa masyarakat Indonesia sekarang sudah banyak yang tidak gaptek lagi. Namun sayang sekali bahwa kebanyakan mereka termasuk golongan kedua yaitu golongan yang dikuasai teknologi. Ciri-ciri golongan kedua ini yang dapat dilihat yaitu mereka mereka hanya menggunakan teknologi yang menurut mereka paling trend tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangan teknologi tersebut. Ciri-ciri ini kebanyakan dianut oleh para remaja yang "maaf" hanya menggunakan teknologi sebagai kesenangan belaka, contohnya sosial media. Cobalah anda bertanya pada mereka "apa alasannya memilih teknologi ini*". Pasti kebanyakan akan menjawab karena teknologi ini sangat trend ataupun fitur sosmed yang banyak. Dan coba anda bertanya lagi, apa kelebihan dan kekurangan teknologi ini. Pasti banyak dari mereka yang diam membisu. Dengan ini secara tidak sadar, mereka hanya orang-orang yang telah dikuasai oleh teknologi.

Steve Jobs (Pendiri Apple) dan Bill Gates (Pendiri Microsoft)
Berbeda dengan golongan kedua, golongan pertama ini sangat jeli dalam memilih teknologi. Mereka memilih teknologi tidak karena teknologi tersebut sangat trend di masyarakat, tapi mereka memilih karena kelebihan-kelebihan teknologi-teknologi tersebut. Golongan pertama ini biasanya hobi dalam hal-hal berbau teknologi serta suka sekali bereksplorasi. Selain sebagai pemakai teknologi, mereka juga suka membuat suatu teknologi seperti membuat sebuah aplikasi, hacking, overclocking, dan sebagainya. Mereka ini dapat dikatakan sudah menguasai teknologi. Coba lah anda bertanya kenapa mereka memilih teknologi tersebut. Pasti mereka akan menjawab untuk menambah ilmu dalam hal teknologi tersebut. Dan coba anda tanyakan lagi apa saja kekurangan dan kelebihan teknologi tersebut. Dijamin, mereka akan menjabarkannya satu persatu. Golongan inilah yang harus kita penuhi karena dengan menguasai teknologi, maka kita tentu tidak sekedar menggunakan teknologi semata, namun dapat memproduksi serta menemukan teknologi agar Indonesia bisa dipandang sebagai Negara yang mahir dalam Teknologi seperti Jepang dan Amerika. Tentu anda mau dong menjadi Ahli IT yang sukses seperti Bill Gates, Steve Jobs, serta Mark Zuckerberg. Semoga. . .

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat menguasai teknologi? Ya elah bro, di google sudah banyak tutorial-tutorial dalam hal Teknologi seperti cara membuat program dan sebagainya. Ketahuan nih pasti kalo internet hobinya cuma fb sama twitteran doang ya? *facepalm #Kaboor

Lantas, anda sekarang sedang dikuasai teknologi atau sudah menguasai teknologi? 

"Mengikuti Teknologi itu tidak akan pernah ada habisnya. Jadi, cara yang paling mudah untuk mengikuti Teknologi adalah dengan belajar tentang Teknologi itu sendiri"

0 komentar

Posting Komentar