Minggu, 28 Juli 2013

Semua Tentang Bidang Teknik

Halo semuanya, Bagaimana kabar anda semuanya? Akhirnya saya bisa kembali lagi ngeblog. Sebenarnya ide di kepala saya cukup banyak buat ditulis, tapi sayang ada aja kesibukan-kesibukan yang bikin saya lupa akan ngeblog *tehee* Xp

Salah satu kesibukannya adalah saya sedang sibuk mengurus pendaftaran masuk perguruan tinggi. Alhamdulillah, semuanya sudah selesai dengan hasil saya bisa masuk perguruan tinggi dengan jurusan yang saya inginkan. Yah walaupun perguruan tinggi yang saya masuki ini sebenarnya swasta yang penting jurusan yang saya masuki ini adalah jurusan yang saya inginkan. Bagi saya, jurusan itu lebih penting dibandingkan nama perguruan tinggi *plakk*

Ah, rupanya saya baru sadar kalo saya sudah kebanyakan OOT nya :hammer. Daripada saya kebanyakan ngoceh melulu dan semakin OOT, mari kita kembali ke Laptop. Postingan saya yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai bidang ilmu perkuliahan yang didalamnya terdapat jurusan perkuliahan yang saya ambil. Ya, bidang ilmu yang akan saya bahas adalah Teknik. Oke anak-anak, persiapkan dirimu XD

Teknik(Engineer) menurut Wikipedia adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Teknik merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana sebuah ilmu pengetahuan beserta teknologi bisa diterapkan dalam berbagai permasalahan yang ada pada manusia. Tentu ada tau sebuah cita-cita yang sering kita dengar pada masa anak-anak yang bernama Insinyur. Nah, Insinyur ini yang merupakan gelar orang yang menerapkan bidang ilmu teknik secara profesional.

Seperti pengertian diatas, untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, tentunya ilmu Teknik memiliki berbagai bidang. Berbagai bidang ilmu Teknik yang ada yaitu:

  1. Teknik Sipil
  2. Teknik Arsitektur
  3. Teknik Geodesi
  4. Teknik Mesin
  5. Teknik Elektro
  6. Teknik Komputer
  7. Teknik Informatika <-- Jurusan saya nih, wkwkwk
  8. Teknik Pertambangan
  9. Teknik Perminyakan
  10. Teknik Metalurgi
  11. Teknik Kelautan
  12. Teknik Geologi
  13. Teknik Geofisika
  14. Teknik Lingkungan
  15. Teknik Perkapalan
  16. Teknik Penerbangan
  17. Teknik Pertanian
  18. Teknik Kimia
  19. Teknik Fisika
  20. Teknik Industri
Mungkin nama-nama tersebut ada yang asing bagi kita. Bagi yang masih bingung dengan bidang-bidang tersebut, lain kali saya akan bahas masing-masing bidang tersebut. Gak mungkin kan saya menjelaskan satu-persatu. Bisa-bisa yang ada malah bosan ngelihat tulisan ini.

Lantas, apa yang disiapkan untuk memasuki Jurusan Teknik? Yang harus dipersiapkan tentu adalah Ilmu-ilmu berjenis Eksakta (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia). Karena semua bidang ilmu Teknik pasti membahas tentang pelajaran tersebut, walaupun tidak semuanya tergantung dari bidang teknik itu sendiri. Mungkin bagi anda ini terdengar mengerikan karena pelajaran-pelajaran itu bagi sebagian orang merupakan pelajaran yang sulit. Tapi, anda harus tau bahwa disetiap perguruan tinggi pasti Fakultas Teknik merupakan Fakultas yang paling banyak peminatnya. Hal ini di karenakan prospek kerjanya yang cukup luas. Karena menurut sebuah sumber, Indonesia masih membutuhkan banyak tenaga Insinyur. Oleh karena itulah jurusan-jurusan Teknik merupakan jurusan yang tepat untuk diambil.

Perguruan tinggi Indonesia yang difokuskan terhadap bidang ilmu Teknik adalah ITB (Institut Teknologi Bandung) dan ITS (Institut Teknologi Surabaya). Selain itu juga ada pendidikan Politeknik dan Universitas-Universitas yang memiliki Fakultas Teknik yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Namun, ingat bahwa masuk jurusan Teknik mempunyai tantangan yang tersendiri baik saat masuknya, maupun perkuliahannya. Jadi, butuh fisik dan mental ekstra untuk masuk jurusan ini. Tapi tenang saja, itu semua akan terbayar jika anda sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan nanti. Jadi, tertarik kah anda untuk masuk TEKNIK dan menjadi Insinyur?

0 komentar

Posting Komentar